Sabtu, 19 Oktober 2013

ips kelas VI BENUA

Kamu tentu sudah sering menggunakan peta untuk mencari keterangan geografi. Keterangan apa saja yang dapat kamu peroleh melalui pengamatan sebuah peta.
Perhatikan peta dunia di bawah ini (simak peta dunia di atlasmu). Dengan melihat peta dunia, kita akan mengetahui benua, samudra dan negara-negara yang ada di dunia.

A.    Benua

Benua adalah daratan yang sangat luas, sehingga bagian tengah daratan tidak terpengaruh oleh angin laut. Perhatikan tabel di bawah ini. Di dalam tabel terdapat lima benua yang ada di dunia, yaitu Asia, Amerika, Afrika, Eropa dan Australia.
Tabel 1.1 Nama Benua Beserta Luasnya

No
Nama Benua
Luas
1.
2.
3.
4.
5.
Benua Asia
Benua Amerika
Benua Afrika
Benua Eropa
Benua Australia
43.608.000
42.960.000
30.355.000
10.900.000
7.686.848

B.    Ciri-Ciri Utama Negara-Negara Besar Setiap Benua

1.     Benua Asia

a.     Cina

Negara RRC terletak di kawasan Asia Timur. RRC merupakan negara yang penduduknya terpadat di dunia (nomor satu di dunia). Jumlah penduduk RRC sampai dengan tahun 2003 ada 1.273.111.290 jiwa. Di RRC terdapat bangunan Tembok Raksasa (The Great Wall) yang panjangnya mencapai 6.400 km. Tembok Raksasa RRC ini merupakan salah satu keajaiban di dunia. Negara RRC juga terkenal dengan sebutan Negara Tirai Bambu. Akhir-akhir ini RRC bangkit sebagai negara industri yang maju di Asia, selain Jepang dan Korea Selatan.
Cina

b.     Jepang

Jepang termasuk negara kepulauan. Terdapat 4 pulau utama dan lebih dari 1.000 pulau kecil di negara tersebut. Pulau utama Jepang adalah Pulau Hokkaido, Pulau Honshu, Pulau Shikoku, dan Pulau Kyushu. Letak 4 pulau utama di Jepang sangat berdekatan. Pulau-pulau tersebut dapat dihubungkan dengan terowongan, jembatan, maupun jalan layang. Luas wilayah Jepang adalah 377.819 km2. Luas wilayah tersebut dihuni 126.926.000 penduduk.
Jepang

c.      India

Negara India terletak di kawasan Asia Selatan. Negara India disebut juga sebagai anak benua. India termasuk negara terpadat nomor dua di dunia setelah Cina (RRC). Jumlah penduduk India pada tahun 2003 ada 1.068.999.145 jiwa. Di India terdapat pegunungan Himalaya dengan puncaknya Mount Everest. Tinggi puncak Mount Everest adalah 8.848 m, di atas permukaan laut dan yang merupakan puncak tertinggi di dunia. Selain itu, di India juga terdapat bangunan terkenal, yakni Taj Mahal di kota Agra.
India

2.     Benua Afrika

a.     Mesir

Sekitar 98% penduduk Mesir berasal dai suku bangsa Hamit (bangsa Mesir Kuno). Mereka menaklukkan wilayah ini pada tahun 642 M. Agama yang dianut sebagian besar penduduk adalah Islam. Adapun dalam berkomunikasi, penduduk Mesir menggunakan bahasa Arab. Salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan penduduk Mesir adalah pertanian. Daerah pertanian utama terdapat di sepanjang aliran Sungai Nil. Daerah pertanian tersebut dinamakan Lembah Nil. Hasil pertanian Mesir yaitu kapas, jagung, tebu, sayuran, dan buah. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk adalah pertambangan. Hasil tambang Mesir yaitu emas, uranium, fosfat, bijh besi, minyak bumi, dan gas alam. Mesir merupakan negara terbesar keempat penghasil minyak bumi di Afrika. Industri juga berkembang cukup pesat di Mesir. Industri di Mesir mengolah kapas, tekstil, dan pakaian.
Mesir

b.     Afrika Selatan

Negara Afrika Selatan terletak di wilayah paling selatan Benua Afrika. Mayoritas penduduknya berkulit hitam. Afrika Selatan adalah negara di Benua Afrika yang pertama kali diduduki orang Eropa. Di negara ini pernah diberlakukan politik aphartheid, yaitu politik yang membedakan warna kulit di mana orang kulit hitam tidak boleh campur dengan orang kulit putih, orang kulit hitam diberlakukan tidak secara manusiawi. Di berbagai tempat ada tulisan only white (untuk orang kulit putih) dan only black (untuk orang kulit hitam), seperti di gedung film, terminal, stasiun dan sebagainya. Afrika Selatan adalah negara yang kaya dengan bahan tambang. Negara ini adalah penghasil emas dan intan terbesar di dunia.
Pekerja tambang emas di Afrika Selatan

3.     Benua Eropa

a.     Inggris

Luas wilayah Kerajaan Inggris Raya adalah 244.088 km2. Bahasa negara yang digunakan adalah bahasa Inggris. Sebagian besar penduduk menganut agama Protestan dan Katolik. Inggris merupakan salah satu negara industri kuat di dunia. Industri utama Inggris adalah batu bara, besi, baja, dan tekstil. Terdapat 2 kota yang menjadi pusat industri di Inggris, yaitu Birmingham dan Sheffield. Udara di daerah kawasan industri selalu hitam oleh asap pabrik. Daerah ini mendapat julukan The Black Country.
Inggris

b.     Perancis

Negara Perancis terletak di kawasan Eropa Barat. Ibu kota Perancis adalah Paris. Kota Paris terkenal sebagai kota mode. Jumlah petani di Perancis relatif kecil, namun Perancis terkenal dengan anggurnya. Perancis termasuk salah satu negara industri maju di Eropa. Perancis termasuk salah satu kelompok negara maju (G7) bersama-sama dengan Amerika Serikat, Kanada, Italia, Inggris, Jerman, dan Jepang. Di Perancis terdapat sebuah bangunan yang terkenal yakni Menara Eiffel.
Prancis

c.      Jerman

Jerman merupakan negara industri termaju di Eropa. Industri mobil Jerman yang terkenal adalah Mercedes Benz, BMW, dan Opel. Sementara dari hasil pertaniannya, Jerman memenuhi seperempat kebutuhan gandum negara-negara Eropa.  Penduduk asli Jerman merupakan keturunan suku bangsa Germania. Suku bangsa ini telah menempati wilayah Jerman sejak 3.000 tahun yang lalu.
Jerman

4.     Benua Amerika

a.     Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat terkenal sebagai Negara Paman Sam. Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang penduduknya terpadat nomor tiga di dunia setelah Cina dan India. Sampai dengan tahun 2006, jumlah  penduduk Amerika Serikat ada 780.528.881 jiwa.Amerika Serikat merupakan negara super power (negara adidaya). Tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi penduduknya sudah maju. Tidak mengherankan, jika di Amerika Serikat terdapat berbagai macam industri. Amerika Serikat termasuk negara pengeskpor pesawat terbang di dunia. Di negara Amerika Serikat terdapat sebuah patung yang megah yaitu Patung Liberty. Di negara Amerika Serikat terdapat Air Terjun Niagara, merupakan air terjun terkenal di dunia dan menjadi daerah pariwisata terpenting.
Amerika Serikat

b.     Brazil

Brazil adalah negara terbesar di Amerika Selatan. Negara ini merupakan negara federasi. Brazil terbagi menjadi 26 negara bagian. Brazil kaya akan hasil alam, baik berupa bahan tambang maupun flora dan fauna. Luas wilayahnya mencapai 8.547.404 km2. Wilayah tersebut mencakup bagian tengah Amerika Selatan hingga ke arah timur laut. Brazil berbatasan hampir dengan semua negara di Amerika Selatan. Jumlah penduduk Brazil mencapai 169.800.000 jiwa. Mereka terdiri dari penduduk asli dan keturunan campuran. Ras campuran tersebut merupakan keturunan antara penduduk asli dengan bangsa Eropa atau Afrika.
                       
Brazil

5.     Benua Australia

Australia adalah nama sebuah benua. Di benua tersebut terdapat satu negara dengan nama yang sama, yaitu Australia. Wilayahnya mencakup seluruh Benua Australia dan beberapa pulau di sekitarnya. Orang yang pertama kali menggunakan kata australia adalah Alexander Dalrymple. Kata tersebut dimunculkan dalam bukunya yang berjudul An Historical Collection of Voyages and Discoveries in the South Pacific Ocean pada tahun 1771. Arti kata australia dalam buku tersebut adalah seluruh kawasan Pasifik Selatan.

Tokoh lain yang juga memopulerkan kata australia adalah Matthew Flinders. Kata tersebut tercantum dalam bukunya yang berjudul A Voyage to Terra Australis tahun 1814. Baru kemudian pada tahun 1824, kata australia resmi digunakan pemerintah Inggris sebagai nama benua. Namun jauh pada masa sebelum penemuan Benua Australia, orang-orang Romawi telah menggunakan kata australis yang dalam bahasa latin berarti selatan.

Kegiatan Siswa 1


1.   Sebutkan nama lima benua di dunia!
2.  Sebutkan nama empat samudra di dunia!
3.  Deskripsikan/jelaskan ciri khas negara RRC!
4.  Deskripsikan ciri khas negara Amerika Serikat!
5.  Mengapa kota Birmingham dan Sheffield di Inggris mendappatkan julukan The Black Country!
6.  Kerjakan bersama kelompokmu untuk bermain peran di depan kelas sesuai kelompok benua.

Jawaban

1.    Benua Asia, benua Amerika,benua Eropa, benua Australia, benua Afrika
2.    Samudra hindia,samudra pasifik, samudra atlantik, samudra arktik
3.    Ciri negara china
·     Terletak di asia timur
·     RRC merupakan negara yang berpenduduk banyak
·     Terdapat tembok raksasa
·     Terkenal dengan sebutan negara tirai bambu
4.    Ciri negara amerika serikat
·     terkenal sebagai Negara Paman Sam
·     negara super power (negara adidaya).
·     Terdapat patung yang megah yaitu Patung Liberty
·     terdapat Air Terjun Niagara
5.    karena Udara di daerah kawasan industri selalu hitam oleh asap pabrik

SOAL

1.     Negara penghasil kopi terbesar di Amerika Selatan ialah ....
a. Argentina                            c. Venezuela
b. Brasil                                  d. Colombia
2.     Benua terluas adalah ....
a. Amerika                              c. Asia
b. Antartika                            d. Eropa
3.     Mesir terkenal peninggalan sejarah di antaranya ialah Sphinx dan Piramida. Negara Mesir terletak di kawasan ....
a. Afrika Utara                       c. Afrika Timur
b. Afrika Tengah                    d. Afrika Barat
4.    Penduduk asli Benua Australia adalah ....
a. orang Aborigin                    c. orang Maori
b. orang Indian                       d. orang Inggris
5.     Kota di Benua Eropa yang mendapat julukan ”Kota Mode” dunia adalah ....
a. London                                c. Lisabon
b. Paris                                   d. Roma
6.     Politik aphartheid pernah diberlakukan di ....
a. Afrika Selatan                    c. Kenya
b. Ethiopia                              d. Mesir
7.    Berikut ini adalah negara-negara beriklim tropis, kecuali ....
a. Nigeria                                c. Jepang
b. Indonesia                           d. India
8.    Negara ”Kincir Angin” merupakan julukan negara ....
a. Belanda                               c. Jerman
b. Perancis                              d. Kanada
9.    Negara yang memiliki penduduk terpadat nomor satu dunia adalah ....
a. Amerika Serikat                 c. Cina
b. India                                  d. Indonesia
10.  Penduduk asli Benua Australia adalah ....
a. orang Aborigin                    c. orang Maori
b. orang Indian                       d. orang Inggris
  
KUNCI JAWABAN 

1.     B
2.    C
3.    D
4.    A
5.    B
6.    A
7.    C
8.    A
9.    C
10.  A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar